A.
Kategori
Perlombaan
Ada 4 kategori perlombaan dalam
Broadcaster Award #4 yaitu:
·
Penyiar
Radio
·
Presenter
Infotainment TV
·
Pembaca
Berita TV
·
Reporter
TV
B.
Mekanisme
Perlombaan
· Tema Broadcaster
Award #4 adalah “MagiComm: Proud to be Creative”
yang mencerminkan suatu hal yang ajaib. Ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa
komunikasi adalah suatu hal yang ajaib, karena hanya dengan komunikasi manusia
bisa mengubah dunia. Dengan tema ini pula kami berharap setiap peserta dari
Broadcaster Award #4 dapat bangga menjadi seorang broadcaster yang kreatif.
· Peserta dituntut
untuk bisa mengeksplor kreatifitasnya sendiri untuk tampil di depan juri.
Materi kata dibuat oleh peserta sesuai dengan kreatifitas masing-masing.
Properti yang diperlukan disediakan oleh peserta sendiri, sesuai dengan materi
kata yang akan dibawakan. Panitia hanya menyediakan studio dan peralatan
teknis.
· Di hari pertama, Kamis
28 Juni 2012, semua peserta wajib mengikuti rangkaian acara workshop.
Workshop pertama dibagi menjadi dua, yaitu workshop TV dan workshop radio.
Kemudian setelah istirahat siang workshop dilanjutkan dengan Beauty Class,
mengingat penampilan juga merupakan hal penting bagi broadcaster.
· Hari kedua, Jumat
29 Juni 2012, adalah babak penyisihan. Setiap peserta dibagi sesuai
kategorinya masing-masing, dimana setiap peserta mendapat kesempatan bergiliran
untuk tampil di depan juri, dengan durasi masing-masing 5 menit.
· Hari ketiga, Sabtu
30 Juni 2012, adalah babak final. Teknis pelaksanaan hampir sama dengan
babak penyisihan. Yang membedakan hanyalah lokasi peserta tampil yaitu di arena
panggung utama (outdoor) untuk kategori TV, sehingga kemungkinan peserta akan
dilihat langsung oleh banyak orang. Ini untuk melatih kemampuan peserta tampil
di muka umum, sekaligus sebagai tantangan yang akan menjadi salah satu poin
penilaian.
· Khusus kategori penyiar radio, peserta
tetap bersiaran di studio, namun hasil siarannya akan diperdengarkan live
melalui sound system di panggung utama, sehingga juga akan langsung didengarkan
oleh banyak orang seperti halnya finalis kategori TV.
· Pengumuman pemenang
dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada hari itu juga, Sabtu 30 Juni 2012,
sekaligus menutup rangkaian acara Broadcaster Award #4.
C. Mekanisme Pendaftaran
1.
Dalam
Kota
· Peserta mengisi
formulir pendaftaran yang telah disediakan (formulir dapat diperbanyak).
· Membayar uang
pendaftaran sebesar Rp. 60.000,- / kategori lomba.
· Pembayaran dapat
dilakukan dengan cara mengirim langsung ke IKOM Radio – UMY atau dengan cara
transfer melalui :
a.n. Wafda Sajida
Dzahabiyya
Bank BRI, Unit KH.
Ahmad Dahlan
No Rek. 3005-01-014637-53-7
· Formulir dapat didownload disini (dalam
format .pdf untuk diprint dan dikirimkan via fax) ATAU disini (dalam format .rtf untuk dikirim
balik via email), ATAU
dari formulir yang telah diedarkan ke sekolah-sekolah, ATAU dengan mengambil
sendiri di studio IKOM Radio di Kampus Terpadu UMY.
Ada beberapa
alternatif pengembalian formulir :
· Formulir hasil
download (.pdf) diprint, diisi, lalu dikirim lewat fax bersama bukti transfer
biaya pendaftaran. Formulir dan bukti transfer asli disimpan peserta, dan
ditunjukkan ketika registrasi ulang pada hari-H pelaksanaan lomba.
· Formulir hasil download (.rtf) diisi
dengan mengeditnya di Microsoft Word, di-save ulang dengan nama peserta sebagai
nama file, lalu dikirim via email ke broadcasteraward@gmail.com berupa
lampiran (attachment) bersama soft copy foto diri dan foto / hasil scan bukti
transfer biaya pendaftaran. Tuliskan “Broadcaster Award” sebagai subject
email.
· Formulir yang telah diisi
lengkap juga bisa dikirimkan via pos (paling lambat cap pos tanggal 14 Juni
2012) beserta fotokopi bukti transfer biaya pendaftaran ke alamat:
IKOM RADIO
Gd. Ki Bagus
Hadikusumo Lt. 2
Kampus Terpadu UMY
Jln. Lingkar Barat
Tamantirto Kasihan Bantul DIY 55183
· Panitia juga telah
mengirimkan formulir ke sekolah-sekolah tertentu (prioritas yang dikirimi
adalah sekolah negeri dan sekolah swasta unggulan). Hubungi Tata Usaha sekolah
untuk informasi lebih lanjut. Peserta bisa memperbanyak sendiri sesuai
kebutuhan. Pengembalian formulir bisa dilakukan secara kolektif (tidak harus
yang bersangkutan sendiri).
· Pengisian formulir
dan pendaftaran juga bisa dilakukan langsung di studio IKOM Radio pada hari dan
jam kerja.
· Formulir yang sudah
diisi dan/atau bukti pembayaran dapat dikirim melalui faximile ke no. (0274)
387646 tujuan IKOM RADIO-UMY.
· Peserta diharapkan untuk segera
konfirmasi ulang dengan menghubungi panitia yang bersangkutan (Administrasi
Pendaftaran : a/n Wafda 085720259846).
· Batas akhir
pengembalian formulir tanggal 26 Juni 2012.
2.
Luar
Kota
· Peserta mengisi
formulir pendaftaran yang telah disediakan (formulir dapat diperbanyak).
· Membayar uang pendaftaran sebesar Rp.
200.000,-/ kategori lomba (sudah termasuk penginapan selama 5 hari +
konsumsi + jalan-jalan di jogja). Jika ada penambahan kategori lomba, peserta
menambah Rp. 60.000,- / lomba.
· Pembayaran dapat
dilakukan dengan cara mengirim langsung ke IKOM Radio – UMY atau dengan cara
transfer melalui :
a.n. Wafda Sajida
Dzahabiyya
Bank BRI, Unit KH.
Ahmad Dahlan
No Rek. 3005-01-014637-53-7
· Formulir dapat didownload disini (dalam
format .pdf untuk diprint dan dikirimkan via fax) ATAU disini (dalam format .rtf untuk dikirim
balik via email), ATAU dari formulir yang telah diedarkan ke
sekolah-sekolah, ATAU dengan mengambil sendiri di studio IKOM Radio di Kampus
Terpadu UMY.
Ada beberapa alternatif
pengembalian formulir :
· Formulir hasil
download (.pdf) diprint, diisi, lalu dikirim lewat fax bersama bukti transfer
biaya pendaftaran. Formulir dan bukti transfer asli disimpan peserta, dan
ditunjukkan ketika registrasi ulang pada hari-H pelaksanaan lomba.
· Formulir hasil
download (.rtf) diisi dengan mengeditnya di Microsoft Word, di-save ulang
dengan nama peserta sebagai nama file, lalu dikirim via email ke broadcasteraward@gmail.com
berupa lampiran (attachment) bersama soft copy foto diri dan foto / hasil scan
bukti transfer biaya pendaftaran. Tuliskan “Broadcaster Award” sebagai
subject email.
· Formulir yang telah
diisi lengkap juga bisa dikirimkan via pos (paling lambat cap pos tanggal 14
Juni 2012) beserta fotokopi bukti transfer biaya pendaftaran ke alamat:
IKOM RADIO
Gd. Ki Bagus
Hadikusumo Lt. 2
Kampus Terpadu UMY
Jln. Lingkar Barat
Tamantirto Kasihan Bantul DIY 55183
· Panitia juga telah
mengirimkan formulir ke sekolah-sekolah tertentu (prioritas yang dikirimi adalah
sekolah negeri dan sekolah swasta unggulan). Hubungi Tata Usaha sekolah untuk
informasi lebih lanjut. Peserta bisa memperbanyak sendiri sesuai kebutuhan.
Pengembalian formulir bisa dilakukan secara kolektif (tidak harus yang
bersangkutan sendiri).
· Pengisian formulir
dan pendaftaran juga bisa dilakukan langsung di studio IKOM Radio pada hari dan
jam kerja.
· Formulir yang sudah diisi dan/atau
bukti pembayaran dapat dikirim melalui faximile ke no. (0274) 387646
tujuan IKOM RADIO-UMY.
· Peserta diharapkan
untuk segera konfirmasi ulang dengan menghubungi panitia yang bersangkutan
(Administrasi Pendaftaran : a/n Wafda 085720259846).
· Batas akhir
pengembalian formulir tanggal 26 Juni 2012.
D. Rundown Acara
H-1 (27 Juni 2012)
· Peserta luar kota datang: 07.00 s/d 12.30
· Registrasi peserta: 13.00 s/d 14.00
· Teknikal Meeting: 14.00 s/d 15.00
Hari 1 (28 Juni 2012)
·
Heregistrasi peserta: 08.00 s/d 08.30
·
Persiapan acara + peserta: 08.30 s/d 08.45
·
Pembukaan + workhsop: 08.45 s/d 10.45
·
Tanya jawab: 10.45 s/d 11.00
·
Ishoma: 11.00 s/d 13.00
·
Workshop + tanya jawab: 13.00 s/d 15.00
·
Closing: 15.00
Hari 2 (29 Juni 2012)
· Heregistrasi Peserta: 07.30 s/d 08.00
· Opening: 08.00 s/d 08.30
· Lomba sesi I: 08.30 s/d 11.30
· Ishoma: 11.30 s/d 13.00
· Lomba sesi II: 13.00 s/d 15.00
· Pengumuman Finalis: 15.00 s/d 15.30
· Closing: 15.30
Hari 3 (30 Juni 2012)
·
Heregistrasi peserta: 07.30 s/d 08.00
·
Opening: 08.00 s/d 08.30
·
Final: 08.30 s/d 12.00
·
Ishoma: 12.00 s/d 12.30
·
Persiapan: 12.30 s/d 13.00
·
Hiburan: 13.00 s/d 15.00
·
Awarding: 15.00 s/d 16.00
·
Grand Closing: 16.00 s/d 16.15
E.
Rundown
Penginapan (bagi peserta dari luar kota)
H-1 (27 Juni 2012)
·
Peserta
menuju penginapan: 15.00 s/d 15.15
·
Ishoma:
15.15 s/d 17.00
·
Penjelasan
sebelum berangkat: 17.00 s/d 17.15
·
Perjalanan
ke Mesjid Keraton: 17.15 s/d 17.30
·
Shalat
magrib: 17.30 s/d 18.15
·
Persiapan
berangkat ke alun-alun: 18.15 s/d 18.30
·
Acara
bebas di alun-alun kidul: 18.30 s/d 20.30
·
Pulang
sampai penginapan: 20.30 s/d 21.00
·
Time
to sleep: 21.00
Hari 1 (28 Juni 2012)
·
Morning
activity: 05.00 s/d 07.00
·
Breakfast:
07.00 s/d 07.45
·
Berangkat
menuju arena: 07.45 s/d 08.00
·
Pelaksanaan
lomba: 08.00 s/d 15.00
·
Kembali
ke penginapan: 15.00 s/d 15.15
·
Free
time: 15.15 s/d 19.30
·
Dinner:
19.30 s/d 20.30
·
Share
Info: 20.30 s/d 21.00
·
Time
to sleep: 21.00
Hari 2 (29 Juni 2012)
·
Morning
activity: 05.00 s/d 06.30
·
Breakfast:
06.30 s/d 07.15
·
Berangkat
menuju arena: 07.15 s/d 07.30
·
Pelaksanaan
lomba: 07.30 s/d 15.30
·
Kembali
ke penginapan: 15.30 s/d 15.45
·
Free
time: 15.45 s/d 18.30
·
Dinner:
18.30 s/d 19.30
·
Nonton
bareng: 19.30 s/d 21.00
·
Time
to sleep: 21.00
Hari 3 (30 Juni 2012)
·
Morning
activity: 05.00 s/d 06.30
·
Breakfast:
06.30 s/d 07.15
·
Berangkat
menuju arena: 07.15 s/d 07.30
·
Pelaksanaan
lomba: 07.30 s/d 16.15
·
Free
time: 16.15 s/d 18.15
·
Persiapan
ke Malioboro: 18.15 s/d 18.30
·
Berangkat
ke Malioboro: 18.30 s/d 19.00
·
Acara
bebas di Malioboro: 19.00 s/d 21.00
·
Kembali
ke penginapan: 21.00 s/d 21.30
·
Time
to sleep: 21.30
Hari 4 (31 Juni 2012)
·
Morning
Activity: 05.00 s/d 07.00
·
Breakfast:
07.00 s/d 08.00
·
Check
out: 08.00 s/d 08.15
·
Peserta
pulang: 08.15
F.
Contact
Person Panitia
Apabila peserta menghendaki informasi
lain, maka dapat menghubungi panitia yang bersangkutan:
Ketua
: Dila (081215739994)
Acara
: Dita (085246128216)
Administrasi Pendaftaran :
Wafda (085720259846)
Penginapan / Lodging
: Bayu (085229454321) / Rita (083869877763)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar