REVIEW TECHNICAL MEETING
BROADCASTER AWARD #6 AHAD, 27 APRIL 2014
Salam Broadcaster!
Bagaimana
Technical Meeting (TM) hari ini? Sudah terbayang dong ya bakal ngapain aja
selama 3 hari kompetisi kita nanti J
Buat
teman-teman yang tidak hadir TM hari ini karena berhalangan, jangan khawatir.
Kita sudah siapkan review tentang apa aja yang dibahas selama TM tadi, check
this out!
ü
GOOD
NEWS! Pengumuman
pertama: Pendaftaran peserta kompetisi Broadcasting Award #6 DIPERPANJANG
hingga 30 April 2014.
So, buat teman-teman
yang belum sempat gabung bareng kita, bisa buruan gabung sekarang juga hingga
waktu yang telah ditentukan. Jika belum melengkapi berkas tertanggal 30 April
tersebut maka kami nyatakan GUGUR.
ü
GOOD
NEWS! Pengumuman
Kedua: Setiap peserta boleh mengikuti 2 perlombaan dengan keuntungan potongan
biaya pendaftaran sebesar 50%
So, semisal kamu
peserta daerah Jogja sudah daftar sebagai Repoter, terus pingin ikut Penyiar
Radio juga. Kamu cukup membayar 150k
saja dari biaya seharusnya yang 200k. pun begitu dengan peserta luar daerah
jogja, mengikuti 2 kompetisi dikenakan biaya 300k saja dari 400k biaya awal.
ü
Pengumuman Ketiga: Penentuan urutan
tampil peserta tidak akan diumumkan di Technical Meeting ini, namun akan
diumumkan setelah workshop, tanggal 2 Mei 2014. Teknis untuk mengurut peserta akan diurutkan oleh panitia, karena
peserta ada yang mengikuti 2 kompetisi maka urutan peserta akan di urutkan oleh
panitia.
Yuk, masuk ke TEKNIS
ACARA!
A. WORKSHOP (Public Speaking –
Announcing Skill) + BEAUTY CLASS
1. Bertempat
di Ruang Sidang FISIPOL, Gedung Ki Bagus Hadikusumo, Lantai 1.
2. Rundown
acara secara general:
Acara dimulai dari pukul 09.00 hingga
16.30 (perpanjangan waktu bisa kapanpun terjadi sesuai situasi dan kondisi).
3. Open
registrasi dibuka sejak pukul 8 pagi dan akan ditutup pukul 9 pagi TEPAT.
Panitia
akan memulai acara, apapun yang terjadi, sesuai rundown.
4. Pembicara
workshop FIX:
-
Rosa Kusuma Azhar (Presenter TVRI Jogja)
-
Radin Ahmad (Penyiar radio Kota Perak
FM)
-
Beauty Class oleh Tim Profesional SOHIE
PARIS
5. Peralatan
yang dibawa: Alat tulis dan perlengkapan ibadah (sholat bagi yang muslim)
6. Dress
code peserta: Santai, sopan, dan rapi.
B.
RADIO
ANNOUNCER
1. Seluruh
peserta wajib hadir 30 menit sebelum acara dimulai.
2. Peserta
langsung menuju Ruang Sidang FISIPOL UMY yang difungsikan sebagai ruang
penyambutan plus ruang tunggu.
3. Rundown
acara secara general:
Acara dimulai dari pukul 08.00 hingga
17.00 (perpanjangan waktu bisa kapanpun terjadi sesuai situasi dan kondisi).
4. Open
registrasi dibuka sejak pukul 07.00 dan akan ditutup pukul 08.00. Toleransi
keterlambatan hanya 30 menit. Selebihnya, keterlambatan akan berpengaruh ke
poin peserta.
5. Siaran
peserta lomba Radio Announcer BA #6 akan tersambung dengan sound yang
disediakan panitia di kantin FISIPOL UMY.
6. Materi
disiapkan oleh peserta sendiri, terdiri dari pembukaan+isi+penutupan.
wajib mengunakan tagline kita yaitu 107,7 fm ikomradio be creative inspiring people
wajib mengunakan tagline kita yaitu 107,7 fm ikomradio be creative inspiring people
7. Peserta
dipersilahkan menampilkan teknik siaran sebebas-bebasnya, asal tidak melenceng
dari tema dan etika kepenyiaran.
8. Durasi
waktu setiap peserta pada babak penyisihan adalah minimal 5 menit, dan maksimal
7 menit. Dan durasi peserta pada babak final min 7 menit maksimal 10 menit.
Nanti akan ada runner sampai ke lokasi.
9. Peralatan
yang dibawa: Alat tulis, perlengkapan
ibadah (sholat bagi yang muslim), ID Card, properti penunjang (kondisional per
peserta).
10. Dress
code peserta: santai, sopan, dan rapi.
11. Juri
Lomba Penyiar Radio:
a. Radin
Ahmad (Penyiar Radio Kota Perak FM)
b. Asad
Gibran ( Penyiar Radio Swaragama FM)
c. Nana
Fahriany (PenyiarRadio Istakalisa FM)
12. Aspek-aspek
penilaian:
-
Intonasi
-
Artikulasi
-
Mood
-
Gaya Bahasa
-
Isi Materi
13. Perubahan
teknis lomba bisa kapanpun terjadi sesuai situasi dan kondisi, dan akan
secepatnya diumumkan ke peserta.
C. KATEGORI TV (REPORTER, PRESENTER, NEWS
ANCHOR)
REPORTER
1. Seluruh
peserta wajib hadir 30 menit sebelum acara dimulai.
2. Peserta
langsung menuju Ruang Sidang FISIPOL UMY yang difungsikan sebagai ruang
penyambutan plus ruang tunggu.
3. Rundown
acara secara general:
Acara dimulai dari pukul 08.00 hingga
17.00 (perpanjangan waktu bisa kapanpun terjadi sesuai situasi dan kondisi).
4. Open
registrasi dibuka sejak pukul 07.00 dan akan ditutup pukul 08.00. Toleransi
keterlambatan hanya 30 menit. Selebihnya, keterlambatan akan berpengaruh ke
poin peserta.
5. Lomba
Reporter akan berlangsung outdoor, di Taman Musthafa UMY, pas menghadap lobi
FISIPOL, Sportorium, serta pasar kreatif Broadcaster Award #6.
6. Materi
disiapkan oleh peserta sendiri, untuk reporter diberi kesempatan 2Xtek. Untuk
tema final akan dikasih tau saat H-1, dan untuk stasiun tv namanya terserah dan
sekreatif mungkin.
7. Peserta
dipersilahkan menampilkan teknik jurnalistik (khusunya reporter) sebebas-bebasnya,
asal tidak melenceng dari tema dan etika jurnalistik.
8. Durasi
waktu setiap peserta adalah minimal 5 menit, dan maksimal 7 menit.
9. Peralatan
yang dibawa: Alat tulis, perlengkapan
ibadah (sholat bagi yang muslim), ID Card, properti penunjang (kondisional per
peserta).
10. Dress
code peserta: Kemeja.
11. Juri
Lomba Kategori TV:
a. Prit
Timothy (Dosen Praktisi Broadcast Ilmu Komunikasi UMY)
b. Rosa
Kusuma Azhar (Presenter TVRI Jogja)
c. Krisna
Mulawarman (Dosen Praktisi Broadcast Ilmu Komunikasi UMY)
12. Aspek-aspek
penilaian:
-
Artikulasi
-
Volume suara
-
Penekanan kata
-
Ekspresi wajah
-
Ekspresi tubuh
-
Penampilan
-
Cara penyampaian
-
Pesan yang disampaikan
-
Isi materi
-
Penguasaan materi
PRESENTER
DAN NEWS ANCHOR
1. Seluruh
peserta wajib hadir 30 menit sebelum acara dimulai.
2. Peserta
langsung menuju Ruang Sidang FISIPOL UMY yang difungsikan sebagai ruang
penyambutan plus ruang tunggu.
3. Rundown
acara secara general:
Acara dimulai dari pukul 08.00 hingga
17.00 (perpanjangan waktu bisa kapanpun terjadi sesuai situasi dan kondisi).
4. Open
registrasi dibuka sejak pukul 07.00 dan akan ditutup pukul 08.00. Toleransi
keterlambatan hanya 30 menit. Selebihnya, keterlambatan akan berpengaruh ke
poin peserta.
5. Lomba
Presenter dan News Anchor akan berlangsung indoor (Laboratorium Ilmu Komunikasi
UMY)
6. Materi
disiapkan oleh peserta sendiri, Untuk tema final akan dikasih tau saat H-1, dan
untuk stasiun tv namanya terserah dan sekreatif mungkin.
7. Peserta
dipersilahkan menampilkan teknik jurnalistik (khususnya presenter dan news
anchor) sebebas-bebasnya, asal tidak melenceng dari tema dan etika jurnalistik.
Khusus
lomba presenter: konsepnya adalah konsep VJ.
8. Durasi
waktu setiap peserta adalah minimal 5 menit, dan maksimal 7 menit.
9. Peralatan
yang dibawa: Alat tulis, perlengkapan
ibadah (sholat bagi yang muslim), ID Card, properti penunjang (kondisional per
peserta).
10. Dress
code peserta:
Presenter: Bebas, menarik, sopan.
News Anchor: Kemeja, jas
(konsidisional), sopan. Tetapi kemeja yang polos tidak bewarna hijau maupun
biru, karena akan berkaitan dengan cahaya jadi kalau pake biru atau hijau tidak
kelihatan.
11. Juri
Lomba Kategori TV:
a. Prit
Timothy (Dosen Praktisi Broadcast Ilmu Komunikasi UMY)
b. Rosa
Kusuma Azhar (Presenter TVRI Jogja)
c. Krisna
Mulawarman (Dosen Praktisi Broadcast Ilmu Komunikasi UMY)
12. Aspek-aspek
penilaian:
-
Artikulasi
-
Volume suara
-
Penekanan kata
-
Ekspresi wajah
-
Ekspresi tubuh
-
Penampilan
-
Cara penyampaian
-
Pesan yang disampaikan
-
Isi materi
-
Penguasaan materi
D. MEDIA VISIT
1. Dilakukan
di hari ketiga rangkaian acara.
2. Tujuan:
Kota Perak FM, Yogyakarta
3. Berlaku
untuk seluruh peserta Broadcaster Award (baik yang masuk final maupun tidak).
4. Akomodasi
FREE.
5. Mekanisme
detail akan diumumkan tanggal 3 Mei 2014, seusai babak peyisihan selesai
dilaksanakan.
E. AWARDING NIGHT
1. Seluruh
peserta kompetisi Broadcaster Award #6 adalah undangan prioritas.
2. Dilaksanakan
dengan konsep farewell party yang
diisi banyak pengisi acara pilihan, yang sudah profesional di dunia entertainment wilayah Yogyakarta.
3. Pelaksanaan:
Minggu, 4 Mei 2014 | Pukul 19.00 – 22.30 WIB.
4. Pengumuman
pemenang beserta pembagian hadiah (berbagai goodie bag dan sertifikat bagi yang
tidak masuk final) akan dilakukan di Awarding Night.
5. Mekanisme
detail akan diumumkan tanggal 3 Mei 2014, seusai babak peyisihan selesai
dilaksanakan.
6. Peserta
awarding Night menggunakan Batik.
*penampilan
ada sound cloud, pantomim, standup comedy, dj perform, dkk
Untuk info lebih lanjut
hubungi: 081997603034 (Fifin), follow @BroadcastAward.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar